Sabtu, 07 November 2015

Prinsip Kerja Mesin Motor 4 Tak Dan 2 Tak


Ini adalah penjelasan lengkap tentang prinsip kerja motor 4 tak dan 2 tak dan sekaligus perbandingan tentang keunggulan/kelebihan dan kelemahan pada motor 4 tak dan juga motor 2 tak, dan saya yakin setelah membaca keseluruhan artikel ini akan bermanfaat dan mengerti tentang bagaimana prinsip kerja mesin motor 4 tak dan 2 tak.

 Prinsip Kerja Mesin Motor 4 Tak dan 2 Tak
Prinsip kerja Mesin Motor 4 Tak dan 2 Tak
Pada prinsip kerja mesin motor 4 tak dan 2 tak, tentu harus kita ketahui lebih dulu apa-apa saja yang membedakan jenis mesin motor 4 tak dan jenis mesin motor 2 tak, antara lain:

  • Jenis mesin 4 Tak, adalah memiliki beberapa rangkaian komponen alat di kepala silinder seperti katup(klep), noken as, piano klep, seal klep, per klep, dan kuku klep dan busi.
  • Jenis motor 2 tak, adalah sebaliknya tidak memiliki rangkaian komponen alat di kepala silinder dengan catatan kepala silinder tersebut hanya Busi saja yang ada.
Baiklah, langsung saja kita pada pembahasan tentang prinsip kerja mesin motor 4 tak dan 2 tak supaya memiliki pemahaman secara mendasar dan mengetahui perbedaan yang dimiliki dan sekaligus keunggulan/kelebihan serta kelemahan pada jenis motor 4 tak dan 2 tak dan tentu artikel ini sangat berguna bagi setiap yang sefrofesi seperti saya pada bengkel sepeda motor .  

Penjelasan Prinsip Kerja Mesin Motor 4 Tak


Prinsip kerja mesin motor 4 tak (4 langkah), sebagai berikut:

  • Langkah Isap (SUCTION STROKE), artinya Katup masuk (klep minyak) terbuka dan katup buang (klep api) tertutup, ini terjadi pada saat posisi piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB), oleh karena gerakan piston dari TMA ke TMB, maka diatas piston terjadi pembesaran volume yang mengakibatkan ruang tersebut menjadi hampa (vakum). Perbedaan tekanan udara luar yang tinggi dengan tekanan hampa, mengakibatkan udara akan mengalir dan bercampur dengan bensin di karburator untuk membentuk gas. Selanjutnya gas tersebut mengalir kedalam ruang silinder melalui saluran masuk (intake manifold) dan katup masuk, itulah prinsip kerja mesin motor 4 tak yang pertama. Dengan arti katup masuk terbuka dan piston bergerak dari TMA ke TMB, campuran bahan bakar-udara masuk ke silinder.
  • Langkah kompressi (COMPRESSION STROKE), artinya katup masuk (klep minyak) dan katup buang (klep api) tertutup, posisi piston bergerak dari TMB ke TMA. Setelah melakukan pengisisan, piston yang sudah mencapai TMB seperti di langkah isap akan kembali lagi bergerak menuju TMA, memperkecil ruangan diatas piston, sehingga campuran udara bahan bakar menjadi padat, tekanan dan suhu naik. Beberapa derajat sebelum torak mencapai TMA akan terjadi percikan bunga api listrik dari busi yang membakar campuran bahan bakar-udara. Dan perlu di ketahui bahwa saat penyalaan ini dilakukan pada waktu yang sedemikian tepat, sebab jika tidak maka mesin tidak akan mencapai tenaganya yang maksimum. Dengan arti sesudah langkah pengisian, katup masuk dan piston bergerak ke atas mengkompressi campuran gas.
  • Langkah usaha (POWER STROKE), artinya katup masuk (klep minyak) dan katup buang (klep api) masih tertutup, ini posisi piston bergerak dari TMA ke TMB. Pada saat terjadi pergerakan ini proses pembakaran menyebabkan campuran gas akan mengembang dan memuai, sehingga energi panas yang dihasilkan oleh pembakaran dalam ruang bakar menimbulkan tekanan ke segala arah dan mendesak piston ke TMB. Langkah usaha inilah yang diharapkan pada mesin untuk dapat menjaga kelangsungan kerja dan perolehan tenaga mesin. Dari proses langkah usaha ini terlihat bahwa terjadi proses perubahan energi panas menjadi energi mekanis berupa gerak bolak balik kemudian diubah lagi menjadi gerak putar untuk selanjutnya diteruskan ke roda. Dengan arti posisi kedua katup tertutup dan kondisi campuran gas yang bertekanan. pembakaran menghasilkan ledakan, sehingga dapat mendorong piston ke bawah.
  • Langkah buang (EXHAUST STROKE), artinya katup masuk (klep minyak) tertutup dan katup buang (klep api) terbuka, posisi piston bergerak dari TMB ke TMA. Setelah suatu mesin mengahsilkan energi yang diperoleh dari adanya ledakan gas yang terbakar, selanjutnya piston bergerak ke TMA mendesak gas bekas sisa pembakaran keluar melalui katup buang dan saluran buang (exhaust manifold) ke atmosfir. Dengan arti katup buang terbuka, sehingga gas bekas hasil pembakaran dapat keluar dari dalam silinder.
Itulah penjelasan prinsip kerja mesin motor 4 tak dan sekarang kita masuk pada prinsip kerja mesin motor 2 tak,

Penjelasan Prinsip Kerja Motor Mesin 2 Tak


Urutan siklus mesin 2 tak (2 langkah) sama dengan mesin 4 tak (4 langkah), sama-sama melakukan gerakan isap-komressi-usaha dan buang. Hanya saja pada motor 2 tak (2 langkah), satu siklus diselesaikan dengan satu putaran engkol atau dua kali gerakan piston, sehingga keempat proses kerjanya beberapa ada yang berlangsung secara bersamaan. Untuk lebih detainya saya akan jelaskan prinsip kerja mesin motor 2 tak, sebagai berikut:
Gbr. Prinsip Kerja Mesin Motor 2 Tak
  • Langkah isap dan kompressi. Langkah ini terjadi saat piston bergerak dari TMB ke TMA atau dengan kata lainnya setengah putaran pertama atau 180.
  1. Di bawah piston, selama langkah piston menuju TMA, ruang engkolakan membesar dan menjadikan ruang tersebut hampa atau vakum. Dengan perbedaan tekanan ini, maka udara luar dapat mengalir dan bercampur dengan bahan bakar di karburator yang selanjutnya masuk ke ruang engkol. Langkah ini disebut langkah isap atau pengisian ruang engkol.
  2. Di atas piston, selama proses ini, piston bergerak menuju TMA. Bila kedua saluran yakni saluran bilas (transfer port) dan saluran buang (exhaust port) tertutup, maka proses langkah kompressi mulai. Dengan gerakan piston terus ke atas mendesak gas baru yang sudah masuk sebelumnya, membuat suhu dan tekanan gas meningkat. Beberapa derajat sebelum piston mencapai titik mati atas (TMA), busi akan meletikkan bunga api dan mulai membakar campuran gas tadi. langkah ini disebut langkah kompressi.
  • Langkah usaha dan buang. Langkah ini terjadi setelah putaran kedua atau 360, piston bergerak dari TMA ke TMB.
  1. Di atas piston, Pembakaran mengakibatkan ledakan yang menghasilkan tenaga, dan mendesak piston bergerak menuju TMB. Langkah ini disebut langkah usaha. Beberapa derajat setelah piston bergerak ke TMB lubang buang (exhaust port) terbuka oleh piston, gas-gas bekas melalui saluran buang. Langkah ini disebut langkah buang.
  2. Di bawah piston, Beberapa derajat selanjutnya setelah saluran buang di buka, maka saluran bilas (transfer/scavengingport) mulai terbuka oleh tepi piston. Gas baru yang berada di bawah piston terdesak, dan mengalir melalui saluran bilas menuju puncak ruang bahan bakar sambil membantu mendorong gas bekas keluar. proses ini disebut pembilasan.
Dengan arti prinsip kerja mesin motor 2 Tak bisa disimpulkan sebagai berikut:
1. Pada 1/2 putaran poros engkol pertama (180) dari TMB ke TMA :
  • Di bawah piston : Langkah isap atau pengisian ruang engkol.
  • Di atas piston     : langkah kompressi
2. Pada 1/2 putaran poros engkol berikutnya (360) dari TMA ke TMB :
  • Diatas piston      : Langkah usaha dan langkah buang.
  • Di bawah piston : Pembilasan.

Perbandingan Motor 4 Tak dan 2 Tak


Setelah kita ketahui prinsip kerja mesin motor 4 tak dan 2 tak, kita bisa menyimpulkan bawah setiap mesin memiliki kelebihan/keunggulan dan kekurangan, jadi dibawah ini saya akan uraikan apa kelebihan dan apa kekurangan mesin motor 4 tak dan 2 tak, antara lain:

A. Mesin motor 4 tak (4 langkah)
  • Keunggulan/kelebihan/keuntungan mesin motor 4 tak (4 langkah):
  1. Efisien dalam penggunaan bahan bakar, karena kerugian gas yang terbuang kecil sekali dibanding mesin 2 tak (2 langkah).
  2. Motor bekerja lebih halus pada putaran rendah.
  3. Perolehan tenaganya maksimum karena proses kerja setiap langkah berlangsung satu langkah penuh, yang menghasilkan tenaga maksimum.
  4. Sistem pelumasan relatif lebih sempurna sehingga lebih awet.
  • Kelemahan/kerugian pada mesin motor 4 tak (4 Langkah):
  1. Konstruksinya rumit karena komponennya lebih banyak.
  2. Memerlukan silinder yang banyak agar mesin bekerja lebih halus.
B. Mesin motor 2 tak (2 langkah)
  • Keunggulan/kelebihan/keuntungan mesin motor 2 tak (2 langkah):
  1. Mesin bekerja lebih halus dengan jumlah silinder yang sedikit.
  2. Konstruksinya lebih sederhana.
  • Kelemahan/kerugian pada mesin motor 2 tak (2 langkah):
  1. Pembuangan gas kurang sempurna, karena langkah buang berlangsung kira-kira setengah dari motor 4 langkah.
  2. Motor bekerja tidak teratur pada putaran rendah.
  3. Pelumasan kurang sempurna pada dinding silinder, karena letak saluran buangnya yang panas berada di bagian tengah silinder.
  4. Sistem pelumasannya relatif kurang sempurna, sehingga komponen-komonenya tidak awet.
  5. Jadwal perawatannya lebih singkat, karena efek pembakaran yang tidak sempurna memudahkan timbulnya penumpukan karbon pada ruang bakar dan saluran buang.
Demikianlah Penjelasan tentang Prinsip kerja mesin motor 4 tak dan 2 tak dan sekaligus penjelasan tentang apa kelebihan dan kelemahan dari mesin motor 4 tak dan 2 tak dan sekaligus perbandingannya, mudah-mudahan bermanfaat bagi setiap pembaca dan terlebih mekanik bengkel sepeda motor.

Sekian dan Semoga bermanfaat!!.

1 komentar:

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!