Selasa, 10 November 2015

Laher Roda Motor Pecah, Bagaimana Cara Membukanya Ya??



 Cara Buka Laher Roda Motor Pecah
Cara Buka Laher Roda Pecah
Laher roda motor merupakan salah satu komponen utama yang sangat berpengaruh pada kendaraan bermotor yang berfungsi untuk melancarkan putaran roda pada motor tersebut, dan tentu saja tidak selamanya laher roda motor bagus, pasti ada saatnya akan rusak dan mengakibatkan kendaraan bermotor sewaktu kita pakai tidak akan nyaman mengendarainya dan apalagi jika laher roda motor tersebut pecah bisa-bisa orang yang mengendarainya akan jatuh.

Seperti judul postingan diatas adalah salah satu hal yang membuat panik bengkel sepeda motor jika menemukan laher roda motor tersebut pecah atau dalam arti kacang-kacang/mimis terbuyar dari lapisan kedudukan laher tersebut, maka saya yakin kebanyakan mekanik bengkel sepeda motor akan kebingungan melepaskan lapisan laher roda motor yang masih lengket di tromol roda motor, inilah yang menjadi tujuan saya menulis artikel ini, memberikan cara yang praktis tanpa memerlukan peralatan bengkel sepeda motor yang canggih dengan catatan hal yang saya jelaskan ini benar benar cara manual dan yakinlah lapisan luar laher roda motor yang masih lengket di tromol roda tersebut akan mudah lepas.


Untuk itu lanjutkan baca artikel ini jika selalu kesulitan membuka laher roda motor pecah atau kacang-kacang terbuyar, tetapi jika tujuan anda bukan untuk mengetahui cara manual yang sangat praktis dan mudah di praktekkan ini, maaf... lebih baik lewatkan saja artikel karena bukan ini yang anda cari. Dan bagi yang serius ingin mengetahui caranya maka saya yakin anda tidak akan menyesal secara keseluruhan artikel ini karena saya juga telah mempersiapkan sebuah tutorial cara mudah membuka laher roda motor pecah atau terbuyar.

Baiklah, singkat kata singkat cerita kita langsung pada cara atau berupa tips sesuai pengalaman saya dan terbukti dalam prakteknya.



Cara Membuka Laher Roda Motor Pecah


Sesuai dengan janji saya, ini dia cara yang benar untuk membuka laher roda motor pecah dalam bentuk Video.

Video Cara Membuka Laher Roda Moto Yang Pecah

Dan jika anda masih ingin membacanya dalam bentuk penjelasan artikel saya akan jelaskan tahap demi tahap pada proses membuka laher roda motor yang pecah dimulai dari awal:
  1. Untuk mengetahui bahwa laher roda motor tersebut rusak, coba usahakan motor di cagak dua dan kemudian rodanya di tekan ke kiri dan ke kanan, jika goyang maka itu tandanya laher roda motor tersebut sudah rusak.
  2. Setelah yakin bahwa laher roda motornya rusak maka proses selanjutnya lepaskan roda motor tersebut dari sasisnya atau kerangka motor dengan membuka mur dan baut as roda dan sekaligus beberapa komponen alat yang melekat di roda tersebut.
  3. Setelah rodanya sudah lepas dari kerangka motornya selanjutnya buka lahernya, dan di poin ketiga ini yang terkadang tidak semulus yang kita harapkan, ada laher roda motornya yang masih utuh walaupun rusak dan ada laher roda motornya yang rusak sekaligus terbuyar kacang-kacang/mimis. jika lahernya masih utuh maka saya yakin sudah hal yang biasa untuk membukanya terlebih mekanik bengkel sepeda motor, tetapi jika menemukan laher roda motor tersebut rusak dan terbuyar mimisnya maka inilah yang saya jelaskan selanjutnya, Oke saya anggap Anda sudah terbiasa membuka laher roda motor yang rusak dan masih utuh lahernya ya!! Supaya kita lanjut cara membuka laher roda motor yang rusak dan mengakibatkan kacang-kacangnya terbuyar dan lapisan luar laher tersebut masih lengket di tromol roda.
  4. Cara membuka laher roda motor yang rusak dan pecah dan terbuyar kacang-kacangnya adalah pertama-tama sediakan Champoil(gemuk) selanjutnya kutip atau kumpulkan kembali kacang kacang yang terbuyar sampai 6 biji, selanjutnya lengketkan champoil(gemuk) di dalam laher roda yang masih lengket pada tromol, setelah itu lengketkan kacang-kacang/mimis kedalam laher roda lapisan luar tersebut yang sudah di champoil, selanjutnya ambil lapisan laher yang bagian dalam masukkan, dan jika sudah masuk atur jarak kacang-kacang/mimis dan setelah itu balikkan posisi tromol dengan catatan laher yang akn kita buka mengarah ke bawah, ambil penokok atau palu besi dan juga kunci T 12mm, kemudian masukkan kunci T yang tadi dan tokok, dan yakinlah lapisan laher yang tersisa tadi akan terbuka.
  5. Dan saya ucapkan selamat karena anda telah berhasil membuka laher roda motor yang rusak dan pecah sekaligus terbuyar kacang-kacangnya.
  6. Dan terakhir ganti yang baru laher roda motor tersebut!!
Demikianlah penjelasan tentang cara membuka laher roda motor pecah yang telah terbuyar kacang-kacangnya, semoga bermanfaat bagi setiap mekanik bengkel sepeda motor.

Sekian dan Selamat mencoba.  

5 komentar:

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!