Sabtu, 03 Oktober 2015

Lampu Sein Motor Honda Pada Pemeriksaan Menurut Warna Kabel Aslinya


 Menghidupkan Lampu Sein Motor Honda
Pemeriksaan Lampu Sein Motor Sesuai Warna Kabelnya Setiap kendaraan bermotor pasti mempunyai lampu sein, karena tanpa lampu sein kita akan menjadi repot sendiri disaat kita sedang mengendarai sepeda motor dan pada artikel saya kali ini saya akan jelaskan tentang Lampu sein motor honda pada pemeriksaan menurut warna kabel aslinya supaya ada kemudahan bagi setiap Bengkel sepeda motor atau siapa saja yang mengalami kerusakan pada lampu sein motor mengerti dan memahami apa penyebab lampu sein motor tersebut tidak menyala dan bagaimana cara menghidupkannya kembali.

Lampu sein motor sangat membantu setiap pengendara disaat mau melaju menuju ke arah kiri atau mau melaju menuju kearah kanan, karena kalau kendaraan tersebut tidak memiliki lampu sein maka otomatis kita akan kerepotan memberikan kode atau tanda pada waktu kita mau belok kemana bagi pengendara yang lain yang ada di posisi belakang kita di saat mengendarai motor tersebut, dan kemudian ini suatu pelanggaran pada rambu-rambu lalu lintas di jalan raya, syukur-syukur kita bisa lolos dari Bapak Polisi yang sedang bertugas mengatur lalu lintas, kalau nasib lagi tidak baik atau ketemu sialnya maka kita akan di suruh berhenti dan terjadi pemeriksaan tentang kelengkapan pada kendaraan kita maka saya yakin "PASTI KENA TILANG" Ha Ha Ha Ha a a a a a a. Jadi saran saya pada kendaraan anda tolong dilengkapi juga lampu seinnya supaya kita nyaman dalam mengendarainya dan jika motor anda motor Honda, dibawah ini saya akan tunjukkan bagaimana Lampu sein motor honda pada pemeriksaan menurut warna kabel Aslinya!!

Pada lampu sein motor honda memiliki rangkaian warna kabel yang berbeda dengan jenis motor yang lain seperti jenis pada Motor Yamaha ataupun pada Motor Suzuki dan tanpa kita mengetahui fungsi setiap kabel yang memiliki warna yang berbeda tersebut kita akan menjadi kebingungan saat memeriksa atau menghidupkan lampu sein pada motor tersebut, walaupun pada akhirnya berhasil dalam pemeriksaan tetapi saya yakin prosesnya jadi lama karena menyelusuri atau mencoba dengan beberapa warna kabel yang ada pada motor Honda tersebut.

Baiklah di bawah ini saya akan uraikan proses lampu sein motor honda pada pemeriksaan menurut warna kabel aslinya.

Proses dan Rangkaian Lampu Sein Motor Honda pada Pemeriksaan Menurut Warna Kabel Aslinya


Di saat kita ingin memeriksa atau mengecek sekaligus menghidupkan lampu sein pada Motor Honda ada beberapa kabel yang harus di cek atau diperiksa sekaligus cara pemeriksaan melalui tombol saklar sein yang ada pada Motor Honda tersebut, antara lain prosesnya:
  • Pertama sekali posisikan kunci kontak pada "ON", Kalau Bateray(aki) kuat tidak perlu dihidupkan mesinnya tapi kalau Batteraynya lemah atau soak maka usahakan mesin di hidupkan supaya kita lanjut ke proses berikutnya.
  • Warna kabel lampu sein pada motor honda tersebut adalah warna Orange untuk lampu sein sebelah kiri dan warna Biru muda untuk lampu sein sebelah kanan.
  • Untuk warna api tunggu yang di alirkan melalui kabel api warna hitam yang mentransfer api menuju saklar adalah warna Abu-abu, di antara penghubung api kabel warna hitam dan kabel warna abu-abu tersebut ada alat khusus yaitu otomat sein(Flasher), inilah alat yang menjadikan lampu sein pada motor berkedip-kedip, kalau tidak berkedip-kedip lampu seinnya, berarti ganti yang baru Flasher tersebut.
Otomat sein (Flasher)
  • Setelah selesai tahap itu, kita pada fungsi proses saklar, api yang dialirkan menuju saklar seperti yang sudah saya jelaskan diatas adalah melalui kabel warna Abu-abu jika ada maka proses selanjutnya saklar pada lampu sein tersebut biasanya tombol cetekannya yang arah ke kiri dan ke kanan, kabel lampu sein kiri adalah kabel warna Orange dan pada lampu sein kanan warna Biru muda, cara pemeriksaan berfungsi atau tidak warna kabel tersebut dengan melalui tombol saklar sein. Kalau kita mengecek lampu sein sebelah kiri maka tombol saklar sein tersebut arahkan ke sebelah kiri, kemudian cek apinya melalui kabel warna Orange tadi kira kira keluar atau tidak apinya. Jika keluar maka prosesnya bisa kita lanjutkan tetapi kalau tidak mengeluarkan percikan api pada warna kabel Orange itu berarti saklarnya rusak dalam arti ganti dengan yang baru. Dan begitu juga sebaliknya pada pemeriksaan atau pengecekan pada lampu sein sebelah kanan motor tersebut.
  • Kalau setelah pemeriksaan pada warna kabel Orange dan Kabel Biru muda sudah benar prosesnya dan berfungsi atau mengeluarkan percikan api di masing-masing warna kabelnya, sekarang tinggal memasang bohlam seinnya /bohlam tancap atau bohlam riting, dengan catatan kabel massa warna Hijau dalam posisi ada atau sudah terpasang.
  • Proses ini sama cara kerjanya dan pemeriksaannya baik pada lampu sein yang ada di depan dan juga pada lampu sein yang di belakang.  
  • Dan Selamat saya ucapkan buat anda yang telah mencobanya, karena saya yakin 100% lampu sein motor anda akan hidup dan terlebih lagi setelah dipasang otomat sein (Flasher) akan berkedip-kedip.
Beberapa artikel lain yang bisa membantu anda pada kelistrikan motor adalah:
2. Proses pemeriksaan dan cara memperbaiki starter motor
Demikianlah proses dan cara lampu sein motor honda pada pemeriksaan menurut warna kabel aslinya, mudah-mudahan bermanfaat bagi setiap yang memiliki tujuan untuk menghidupkan lampu sein pada setiap kendaraan bermotor khususnya motor Honda.

Sekian dan Selamat mencoba!!

2 komentar:

  1. Terimakasih atas artikelnya bozz, tp sein kiri megapro saya belum nyala, padahal ada api dari kabel warna oren. Mohon petunjuknya bozz

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!