Kamis, 27 Agustus 2015

Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4Tak


 Gambar Lengkap Sistem Pengapian
Sistem Pengapian Honda 4Tak
Pada Blog Bengkel sepeda motor kali ini saya akan menjelaskan Sistem dan Fungsi pengapian sepeda motor honda 4Tak yang Mudah dalam mempraktekkannya karena menurut pengalaman saya kalau sudah kita kuasai sistem dan fungsi pengapian Honda 4Tak, maka untuk jenis kendaraan yang lain tidak akan sulit untuk memahami sistem dan fungsi pengapiannya.

Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4Tak sangat berbeda dengan sistem pengapian pada motor Suzuki atau Yamaha, itu bisa dilihat dari warna kabelnya dan juga fungsinya tetapi yang membuat sama adalah sistem cara kerjanya karena kalau kita bisa menguasai salah satu sistem pengapian dari antara jenis motor Honda, Suzuki dan Yamaha tersebut , otomatis kita akan mudah memahami sistem dan fungsi pengapian motor-motor yang lain.

Semenjak tahun 1990 Pengapian kendaraan bermotor Honda 4Tak sudah menggunakan pengapian Elektrik atau Pengapian CDI yang mengandalkan Spull pengapian sebagai arus awal dan kemudian setelah diproduksinya motor GL Pro Neotech sekitar tahun 1996 sistem pengapian pada motor ini terjadi perubahan ialah pengapiannya harus dibantu dengan menggunakan Aki/Batray. jadi sebelum saya jelaskan lebih lanjut tentang sistem dan fungsi pengapian sepeda motor 4Tak ini harus benar-benar dipahami supaya mudah kita memproses atau mengecek sistem dan fungsinya.

Sesuai dengan penjelasan saya diatas adanya perbedaan Sistem dan fungsi pengapian sepeda motor 4Tak menurut tahun pembuatannya, untuk itu saya akan rincikan satu persatu bagaimana sistem pengapian CDI yang mengandalkan Spull Pengapian sebagai arus awal dan Bagaimana juga sistem pengapian dengan menggunakan Aki/Batray.

Sistem dan fungsi pengapian sepeda motor 4Tak dengan Mengandalkan Spull sebagai awal Arus Api


Sistem dan fungsi Pengapian sepeda motor 4Tak dengan mengandalkan Spull sebagai awal arus adalah terdiri dari beberapa komponen sistem pengapian yaitu Spull Pengapian-Fulser-Kunci kontak- CDI- Coil-kepala Busi dan Busi, itulah komponen sistem pengapiannya. Baiklah saya akan jelaskan Cara mengecek Sistem pengapian motor Honda 4Tak.


Setelah kita mengecek bahwa percikan api yang disalurkan ke busi tidak ada, itu berarti salah satu dari sistem pengapian ada yang tidak berfungsi, jadi kita harus memulai mengecek sistem pengapaian dari awal antara lain:
1. Spull Api
Cara memeriksanya sambil mengengkol supaya mesin dalam posisi berputar Ya, Warna kabel spull api pada motor Honda 4Tak adalah warna Hitam list Merah, coba diperiksa dengan menempelkan Kabel warna tersebut dari spull kebagian Massa, kalau cara saya biasanya menempelkan ke mesin atau Rangka mesin, selanjutnya dengan sambil mengengkol coba lihat kabel tersebut kira-kira mengeluarkan percikan api tidak, kalau apinya ada berarti spull perapian tersebut bagus, tetapi kalau tidak ada berarti Spullnya yang Tidak berfungsi alias Rusak. Jadi Proses tersebut langsung bisa menyimpulkan Rusak tidaknya Spull api motor Honda 4Tak.
2. Fulser
Fulser Gunanya untuk Menstabilkan Pengapian yang masuk ke CDI, Cara meriksa rusak tidaknya alat ini dengan memakai alt bantu yaitu Tester karena tidak kelihatan kalau dicek secara manual sebab percikan api pada Fulser tidak ada dan sesuai dengan pengalaman saya jarak terjadi kerusakan pada sistem alat ini.
3. Kunci Kontak
Setelah kita mengetahui bawa sistem perapian dari spull bagus, langsung cek kunci kontak karena kunci kontak pada motor Honda 4Tak adalah yang menghubungkan saluran perapian dari spull ke CDI, cara memeriksa kunci kontak berfungsi atau tidak adalah dengan posisi kunci kontak dalam posisi ON coba cek kabel warna hitam list putih yang ada di colokan CDI kira kira mengeluarkan percikan api tidak posisi memeriksanya jangan lupa sambil mengengkol supaya mesin berputar, kalau mengeluarkan percikan api berarti kunci kontaknya Bagus tetapi kalau tidak berarti Kunci kontaknya yang Rusak, jadi proses pemeriksaan yang menentukan.
4. CDI
setelah kita proses Spull ternyata bagus dan Kunci kontak juga bagus, proses selanjutnya adalah Pengecekan terhadap sistem perapian dari CDI, caranya adalah Posisi Colokan Kabel yang masuk ke CDI jangan dilepas Ya......Coba cek warna kabel Hitam list Kuning dengan menempelkan kabel tersebut kesalahsatu bagian massa dengan posisi ngeceknya sambil mesin diengkol, Kalau CDInya berfungsi maka akan mengeluarkan percikan api yang besar tapi kalau tidak berfungsi atau percikan apinya tidak keluar maka berarti CDInya rusak. Jadi proses pemeriksaan yang menentukan.
5. Coil
Jika dari beberapa sistem pengapian yang saya jelaskan diatas semuanya bagus maka proses pemeriksaan selanjutnya adalah Coil, caranya adalah usahakan warna kabel Hitam list Kuning terpasang ke Coil
setelah itu Coba Periksa kabel Coil yang disalurkan ke kepala busi atau ke busi dengan bentuk kabel yang dilapisi lapisan warna hitam tebal dengan sambil mengengkol, kalau Coil berfungsi maka akan mengeluarkan percikan api yang kuat, usahakan cara ngeceknya jangan terlampau dekat kabel tersebut dengan massa, jauhkan jaraknya berkisar 1cm dari massa dan usahakan kabel Coil tersebut disaat ngeceknya pegang kuat-kuat karena bisa-bisa anda terkejut dengan sentrumannya, tetapi kalau tidak mengeluarkan api maka berarti Coilnya Rusak, jadi proses pemeriksaan yang menentukan.
6. Kepala Busi
Sebenarnya Kepala busi gampang ngeceknya kalau bagus tidaknya yaitu jika setelah semua proses diatas ternyata bagus semua maka coba periksa kepala busi dengan memasang busi kendaraan tersebut ke kepala busi, kalu kepala businya berfungsi maka Busi pasti Mengeluarkan api tetapi kalau tidak maka busi tidak akan mengeluarkan api, ini proses pemeriksaannya posisi Busi masih Bagus, cara lainnya untuk melihat kepala busi bagus atau tidak, setelah kita lakukan cara tersebut diatas ternyata Busi tidak mengeluarkan api padahal Busi masih bagus adalah Coba jangan dipasang dulu kepala busi tetapi usahakan Busi yang langsung ke Coil atau dari Coil ke Busi, kalau Busi mengeluarkan api dengan posisi sebelumnya waktu dipasang kepala busi tidak mengeluarkan api berarti kepala businya Rusak, jadi proses pemeriksaan yang menentukan.
7. Busi
Setelah proses semuanya yang saya jelaskan diatas dalam posisi bagus sekarang tinggal busi yang di Cek, jadi jika businya bagus maka akan mengeluarkan percikan api dan jika rusak maka apinya tidak ada, jadi proses pemeriksaan yang menentukannya
Catatan untuk di ingat
Jangan mau membodohi dan jangan mau di bodohi, kerusakan pengapian pada kendaraan bermotor Anda tidak sekaligus Rusak pada waktu yang bersamaan tetapi hanya salah satu diantara yang saya jelaskan diatas yang tidak berfungsi sistem pengapiannya, jadi mohon ini harus diingat.

Sistem dan Fungsi pengapian dengan menggunakan Aki/Batray


 Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4Tak
Sistem dan Fungsi Pengapian menggunakan Aki/Batray
Sesuai dengat keterangan saya diatas bahwa Sistem dan Fungsi Pengapian Sepeda Motor Honda 4Tak, ada dua sistem kerja dan fungsinya yang mana telah saya uraikan diatas sistem pengapian dengan menggunakan Spull api sebagai awal api dan berikut ini saya akan jelaskan Sistem dan Fungsi pengapian dengan menggunakan Aki/Batray yang terdiri dari beberapa komponen yang harus di pahami, antara lain Spull Cas-Fulser-Kiprok-Aki/Batray-Kunci kontak-CDI-Coil-Kepala Busi dan Busi, Oke saya akan jelaskan satu persatu antara lain:
1. Spull Cas
Di sinilah perbedaan pengapiannya dengan sistem dan fungsi perapian yang pertama yang telah saya jelaskan di atas, kalau sistem pengapian dengan menggunakan bantuan Aki/Batray Spull Hanya berfungsi untuk menyalurkan api ke Kiprok, Tanpa menggunakan Spull cas ini Pun Posisi Kendaraan Bermotor Bisa Hidup tetapi Dengan Catatan Akinya/Batray Kuat atau Baru, tetapi kelemahannya Aki Tidak bertahan lama Menyimpan api alias aki tersebut sehari dua hari Soak dan Motornya Tidak bisa hidup kembali, makanya Spull Cas sebagai sumber api awal harus ada untuk membantu pengisian Aki/Batray  yang di salurkan melalui kiprok dan itulah yang membuat Aki/Batray tersebut Tahan Lama. Cara mengecek pengapian spull cas kendaraan ini adalah Coba perhatikan di kabel spullnya ada dua kabel warna kuning dan warna putih, kabel warna putih ini coba di cek apinya apakah mengeluarkan percikan api atau tidak dengan posisi pengecekan sambil di stater atau di engkol, kalau mengeluarkan api berarti spull casnya bagus tetapi kalau tidak maka otomatis spull casnya rusak, jadi proses pemeriksaan yang menentukan.
2. Fulser
Fulser sama penjelasannya dengan keterangan yang sudah saya uraikan di atas, jadi tolong dibaca kembali.
3.Kiprok
Kiprok memiliki colokan warna kabel 4 warna antara lain warna Kuning fungsinya untuk menetralkan saluran api yang menuju ke Lampu kendaraan tersebut supaya tidak putus, warna putih fungsinya untuk membantu dalam pengecasan Aki/batray yang tersalur melalui kabel warna merah yang ada di colokan kabel Kiprok, warna merah fungsinya adalah mentrasfer api yang dialirkan melalui kabel warna putih yang ada di colokan kiprok dan warna hijau adalah massa. Jadi periksa warna Kabel warna merah dari colokan kiprok untuk memastikan keluar percikan api atau tidak, kalau keluar berarti bagus tetapi kalau tidak berarti kiproknya rusak, jadi proses pemeriksaan yang menentukan.
4. Kunci kontak
ini tidak perlu saya jelaskan lagi karna sistem dan fungsi pengapiannya sama dengan yang saya uruaikan dengan penjelasan diatas. cuma yang membedakannya adalah setelah posisi ON kunci kontak coba periksa warna kabel yang ada di colokan CDInya dengan warna kabelnya warna Hitam mengeluarkan percikan api atau tidak, kalau apinya ada maka kunci kontaknya Bagus tetapi kalau tidak mengeluarkan percikan api di warna kabel hitam tersebut berarti Kunci kontaknya yang Rusak, jadi proses pemeriksaan yang menentukan.
5. CDI
CDI cara kerjanya sama dengan yang saya uraikan diatas sekaligus warna kabelnya, jadi jangan lupa untuk membacanya kembali.
6. Coil
Coil juga sama penjelasan dan caranya seperti yang saya uraikan diatas, jadi dibaca ulang ya!!
7 Kepala Busi dan Busi
Ini juga sama dengan penjelasan yang saya uraikan diatas, jadi tolong dibaca kembali Ya!!

Jangan Lupa untuk membaca Artikel terkait tentang tips bengkel sepeda motor, antara lain:
1. Penjelasan lengkap rangkaian sistem pengapian sepeda motor untuk yamaha
2. Tips tentang cara memperbaiki motor injeksi yang mogok
3. Tips tentang cara modifikasi Sepeda motor supaya lari kencang
4. Tips tentang cara memperbaiki sepeda motor yang mogok

Demikian artikel tentang sistem dan fungsi pengapian sepeda motor Honda 4Tak semoga bermanfaat.

Sekian dan selamat Mencoba.
  1. Sekedar menambahkan, Ignition coil menjadi salah satu komponen terpenting dalam sistem pengapian. Karena komponen ini akan mengkonversi tegangan Dari spool atau baterai menjadi tegangan super tinggi melalui proses induksi elektromagnetik.

    Selengkapnya mengenai ignition coil bisa simak, Mengenal Ignition coil lebih dalam beserta cara kerja

    BalasHapus
  2. Klo untuk motor matic sama gk penjelasannya, aki ny br sebulan lbh udh soak,terus cool starter cepet rusak.. ��

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca Blog Saya, Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaannya !!